Abstrak


Pembuatan Aplikasi Augmented Reality Virtual Fitting Room Pada Model Baju Perempuan Di Oh Olla Store Berbasis Android


Oleh :
Talitha Rachma - M3115133 - Fak. MIPA

Seringkali kita melihat beberapa baju yang ada pada toko baju yang kita inginkan. Manusia, terutama perempuan, pasti suka dengan yang indah. Dan “indah” menurut setiap orang itu pasti berbeda-beda. Pada toko baju “Oh Olla” ini terdapat fitting room (ruang ganti) merupakan suatu tempat yang digunakan untuk mencoba beberapa pakaian apakah sesuai dengan yang kita inginkan serta sesuai dengan ukuran tubuh yang dimiliki manusia. Tujuan dari adanya penelitian ini adalah dapat mempermudah pelanggan dalam pemilihan pakaian yang akan dibeli, serta pelanggan tidak perlu repot-repot untuk bolak balik di dalam ruang ganti untuk mencoba beberapa pakaian.

Pembuatan aplikasi ini menggunakan software antara lain yaitu Unity

3D, plugin vuforia untuk membuat augmented reality, Marvelous Designer untuk membuat objek 3D, Adobe Photoshop CS5, CorelDraw X7 untuk membuat desain tampilan, tombol, desain layout, dan marker.

Dari pembuatan aplikasi virtual fitting ini dapat berjalan pada sistem operasi Android. Pada pengujian jarak kamera dengan marker aplikasi virtual fitting ini hanya sampai 50 centimeters. Serta aplikasi virtual fitting ini bisa dijalankan pada device atau smartphone dengan RAM 1 GB.