Abstrak


Asuhan Kebidanan Berkelanjutan pada Ny P Umur 25 Tahun di Puskesmas Sangkrah Surakarta


Oleh :
Aulia Paramitha K.a - R0315010 - Fak. Kedokteran

ABSTRAK

Latar Belakang: Puskesmas Sangkrah tidak terdapat kasus kematian ibu, terdapat 5 kasus kematian neonatal dari 196 kelahiran. Asuhan kebidanan berkesinambungan dibutuhkan Ny. P G2P1A0 25 tahun hamil 39+2 minggu normal, persalinan dengan induksi, nifas normal, BBL dengan ikterik fisiologis, KB kondom. Perlu asuhan kebidanan berkelanjutan guna meningkatkan kesejahteraan ibu dan anak. 

Pelaksanaan: Asuhan kebidanan berkelanjutan pada Ny. P kunjungan hamil 2 kali, persalinan 1 kali, nifas 3 kali, BBL 3 kali dan KB 2 kali.

Evaluasi: Kehamilan Ny. P normal tanpa penyulit, persalinan dilakukan dengan induksi atas indikasi post term, nifas normal tanpa penyulit, bayi Ny.P dengan ikterik fisiologis saat kunjungan kedua dan Ny. P menggunakan KB kondom.

Simpulan dan saran: Asuhan yang diberikan pada Ny.P efektif. Terdapat kesenjangan yaitu pada lama pemberian IMD yaitu hanya 10 menit dan episiotomi tanpa indikasi. Saran agar pihak rumah sakit melakukan asuhan sesuai dengan SOP, bagi klien untuk mempertimbangkan KB selain kondom yaitu kontrasepsi mantap atau kontrasepsi hormonal lainnya.
 
Kata Kunci : Asuhan kebidanan, berkelanjutan, puskesmas sangkrah