Abstrak


Asuhan Kebidanan Terintegrasi pada Ny. P Umur 25 Tahun di Puskesmas Wilayah Banyuanyar Surakarta


Oleh :
Evi Nurfitri Astuti - R0315014 - Fak. Kedokteran

ABSTRAK

Ruang lingkup : Masalah kesehatan ibu dan anak adalah masalah yang harus ditangani serius di indonesia. Karena masih tingginya angka kematian ibu dan bayi, sehingga penulis berkontribusi memberikan asuhan kebidanan secara continuity of care dari hamil sampai KB secara komprehensif.  
Pelaksanaan: Penulis memberikan asuhan kebidanan secara berkesinambungan pada Ny. P Umur 25 Tahun di Puskesmas Banyuanyar dan RSUD kota Surakarta selama 3 bulan. Kehamilan sampai usia kehamilan 38+4 minggu normal. Persalinan normal. Nifas normal. Berat badan lahir rendah 2340 gram, neonatal normal. Ibu diberi konseling KB Minipil. Kunjungan dilakukan 11 kali.
Evaluasi : Asuhan hamil sampai KB berlangsung lancar. Ibu telah bersedia KB Minipil. Terdapat kesenjangan antara teori dan praktik yaitu Inisiasi Menyusui Dini hanya dilakukan 10 menit dan teknik jahitan tidak sesuai APN.  
Simpulan dan saran : Ibu dan bayi telah mendapatkan asuhan yang komprehensif sehingga ibu dan bayi sehat. Terdapat kesenjangan yaitu Inisiasi Menyusui Dini hanya dilakukan 10 menit dan teknik jahitan tidak sesuai APN Sehingga disarankan instansi kesehatan diharapkan melaksanakan Inisiasi Menyusui Dini dan teknik jahitan sesuai teori APN.
 
Kata Kunci : Ibu, Bayi, asuhan kebidanan, berkesinambungan