Abstrak


Sistem Pendukung Keputusan Penjurusan Kelompok Belajar Mahasiswa Diii Teknik Informatika Universitas Sebelas Maret Dengan Metode Potentially All Pairwise Rankings Of All Possible Alternatives (Paprika)


Oleh :
Fitriani Ade Purwahyo - M3115059 - Fak. MIPA

Program Diploma III Teknik Informatika Universitas Sebelas Maret memiliki sebuah wadah untuk menampung para mahasiswanya mengembangkan bakat diluar jam perkuliahan yang dinamakan kelompok belajar. Jurusan kelompok belajar tersebut meliputi pemrograman, multimedia, digital forensic, dan android. Untuk mengikuti kelompok belajar tersebut, setiap mahasiswa diberikan kebebasan untuk memilih sesuai dengan kehendak.
Namun kenyataannya ditemui permasalahan berupa kebingungan dan kebimbangan pada mahasiswa untuk memilih jurusan kelompok belajar tersebut. Untuk membantu permasalahan tersebut, diperlukan sebuah Sistem Penunjang Keputusan (SPK). Kriteria yang digunakan sebagai pertimbangan antara lain nilai mata kuliah, rekomendasi dosen, prestasi mahasiswa dan keterampilan. Sistem ini berbasis web dan dibangun menggunakan framework Yii2 dengan bahasa pemrograman PHP serta database MySQL. Sedangkan proses perhitungannya menggunakan metode Potentially All Pairwise Rankings Of All Possible Alternatives (PAPRIKA).
Hasil yang didapatkan dari penelitian Sistem Pendukung Keputusan ini adalah menampilkan jurusan dari kelompok belajar yang sesuai dengan mahasiswa. Sehingga hasil tersebut dapat dijadikan pertimbangan oleh mahasiswa itu sendiri dalam memilih jurusan kelompok belajar.