Abstrak


Pengaruh Permainan Tradisional Angklik Terhadap Keterampilan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun


Oleh :
Agustiara Siti Andriani - K8113004 - Fak. KIP

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan tradisional angklik terhadap keterampilan motorik kasar anak usia 5-6 tahun. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experimental design dengan tipe nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data menggunakan Test of   gross   motor   development-              (TGMD-         ).   Validitas   instrument menggunakan validitas konstruks, dan uji reabilitas dengan teknik analisis alpha cronbach’s. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik parametric   setelah   data   dinyatakan   normal   dan   homogeny   dengan   taraf signifikansi > 0.05. Uji hipotesis menggunakan t-test dengan SPSS yaitu paired sample t-test dan independent sample t-test .
Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan tradisional angklik memberikan pengaruh positif terhadap keterampilan motorik kasar anak usia 5-6 tahun. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata nilai posttest unjuk kerja keterampilan motorik kasar pada kelompok eksperimen dan kelompok control menunjukkan
23.778 dan 17.444 dengan nilai signifikasi 0.000 yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh permainan tradisional angklik terhadap keterampilan motoric kasar anak usia 5-6 tahun.