Abstrak


Pengaruh Pelatihan Manajemen Diri Akademik terhadap Peningkatan Motivasi Berprestasi Mahasiswa Bidikmisi Angkatan 2013-2016 Universitas Sebelas Maret Surakarta


Oleh :
Dina Oktavia Utami - G0112034 - Fak. Kedokteran

ABSTRAK

Prestasi membutuhkan dorongan dalam upaya meraihnya. Mahasiswa Bidikmisi memiliki tuntutan akademik, yaitu IPK minimal tiga, maka mereka membutuhkan motivasi berprestasi yang memadai untuk mencapai tuntutan akademik tersebut. Fakta menunjukkan bahwa, terdapat banyak mahasiswa Bidikmisi yang mendapatkan IPK kurang dari tiga karena motivasi berprestasi mereka yang kurang dan tidak menerapkan manajemen diri akademik dengan maksimal. Melihat adanya permasalahan ini, perlu dilakukan upaya untuk meningkatkan motivasi berprestasi dengan menerapkan manajemen diri akademik melalui sebuah pelatihan. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui pengaruh pelatihan manajemen diri akademik terhadap peningkatan motivasi berprestasi pada mahasiswa Bidikmisi angkatan 2013-2016 Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pretest-posttest with control group design. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Bidikmisi yang pernah mendapatkan IPK kurang dari tiga pada semester ganjil TA. 2016/2017 berjumlah 10 orang untuk kelompok eksperimen dan 10 orang untuk kelompok kontrol. Pelatihan manajemen diri akademik dilakukan dalam sepuluh sesi yang dibagi menjadi tiga pertemuan. Pengumpulan data menggunakan skala motivasi berprestasi yang memiliki koefisien reliabilitas alpha cronbach sebesar 0,886.
Berdasarkan uji hipotesis menggunakan independent-samples t test didapatkan hasil berupa nilai t sebesar -0,551 dan nilai signifikansi (p) sebesar 0,588 (F=0,003; p>0,05) yang menunjukkan tidak adanya perbedaan signifikan skor motivasi berprestasi antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Uji hipotesis selanjutnya menggunakan paired-samples t test, didapatkan hasil berupa nilai t sebesar -3,137 dan nilai signifikansi (p) sebesar 0,012 (p<0,05) yang menunjukkan adanya perbedaan signifikan skor motivasi berprestasi antara sebelum dan sesudah diberikan pelatihan manajemen diri akademik pada kelompok eksperimen.

Kata Kunci : motivasi berprestasi, manajemen diri akademik, mahasiswa bidikmisi