Abstrak


Hubungan Koordinasi Mata-Tangan, Power Lengan, dan Panjang Lengan terhadap Kemampuan Servis pada Atlet Junior di bawah Usia 18 Tahun Club di Sukoharjo


Oleh :
Unika Septian Sutarno - K5614052 - Fak. KIP

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Mengetahui apakah ada hubungan antara koordinasi mata tangan terhadap kemampuan servis pada atlet junior dibawah usia 18 tahun club di Sukoharjo, (2) Mengetahui apakah ada hubungan antara power lengan terhadap hasil kemampuan servis pada atlet junior dibawah usia 18 tahun club di Sukoharjo, (3) Mengetahui apakah ada hubungan antara panjang lengan terhadap hasil kemampuan servis pada atlet junior dibawah usia 18 tahun club di Sukoharjo. (4) Koordinasi mata tangan, power lengan dan panjang lengan terhadap hasil kemampuan servis pada atlet junior dibawah usia 18 tahun club di Sukoharjo.  
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan studi korelasi. Variable penelitian koordinasi mata-tangan, power lengan, panjang lengan, dan servis Sampel dari penelitian ini adalah atlet junior dibawah usia 18 tahun club di Sukoharjo yang berjumlah 15 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yaitu pengambilan sampel berdasarkan tujuan dan pertimbangan tertentu. Data hasil servis diperoleh dari tes dan pengukuran dari Hewitt kemudian dianalisis menggunakan komputer program SPSS Versi 17.0.  
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara koordinasi mata tangan terhadap kemampuan servis sebesar 0.561 dan memberikan sumbangan relative sebesar 19.83 % dan sumbangan efektif sebesar 14,87 %. Ada hubungan antara power lengan terhadap hasil kemampuan servis sebesar 0.765 dan memberikan sumbangan relatif sebesar 39,68 % dan sumbangan efektif sebesar 29,76 %. Ada hubungan antara panjang lengan terhadap hasil kemampuan servis sebesar 0.645 dan memberikan sumbangan relatif sebesar 25.93 % dan sumbangan efektif sebesar 19.45 %. Ada hubungan antara Koordinasi mata tangan, power lengan dan panjang lengan terhadaphasil kemampuan servis sebesar 0.812 dan memberikan sumbangan efektif sebesar 81,20 %. Besarnya nilai F antara koordinasi mata tangan, power lengan, dan panjang lengan terhadap kemampuan servis tenis lapangan (Y) adalah 15.804.

Kata kunci : koordinasi mata tangan, power lengan, panjang lengan, kemampuan servis