Abstrak


Pengaruh Beasiswa PPA dan Kebiasaan Belajar terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa FKIP Uns Penerima Beasiswa PPA Periode Januari – Juni 2017


Oleh :
Diyah Tri Hapsari - K7614019 - Fak. KIP

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya (1) pengaruh yang positif dan signifikan antara beasiswa PPA dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa FKIP UNS penerima beasiswa PPA periode Januari – Juni 2017; (2) pengaruh yang positif dan signifikan antara beasiswa PPA terhadap prestasi belajar mahasiswa FKIP UNS penerima beasiswa PPA periode Januari – Juni 2017; (3) pengaruh yang positif dan signifikan antara kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa FKIP UNS penerima beasiswa PPA periode Januari – Juni 2017.
Populasi  dalam  penelitian  ini  adalah  mahasiswa  FKIP  UNS  kampus Kentingan yang memperoleh beasiswa PPA periode Januari – Juni 2017 sebanyak 273 mahasiswa. Sampel yang terpilih dengan teknik pengambilan sampel proportional random sampling yaitu sebanyak 74 mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto. Pengumpulan data dilaksanakan dengan kuesioner untuk data beasiswa PPA dan kebiasaan belajar, serta dokumentasi untuk data prestasi belajar. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji regresi linear berganda dengan taraf signifikansi 0,05 data yang diolah dengan bantuan program pengolahan data SPSS (Statistical Product and Service Solution) versi 25.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara beasiswa PPA dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa FKIP UNS penerima beasiswa PPA periode Januari  - Juni 2017. Hal ini ditunjukkan dengan nilai F hitung sebesar 60,362 (p < 0,05). Kedua, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara beasiswa PPA terhadap prestasi belajar mahasiswa FKIP UNS penerima beasiswa PPA periode Januari - Juni 2017. Hal ini ditunjukkan dengan nilai t hitung sebesar 3,268 (p < 0,05). Ketiga, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa FKIP UNS penerima beasiswa PPA periode Januari - Juni 2017. Hal ini ditunjukkan dengan nilai t hitung sebesar 6,038 (p <0,05).