Abstrak


Pengembangan Ekowisata Kecamatan Gedangsari Kabupaten Gunungkidul Tahun 2014 – 2016


Oleh :
Hanifah Astri Khairiah - K5413028 - Fak. KIP

Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui potensi ekowisata yang ada di Kecamatan Gedangsari; (2) Mengetahui pengembangan ekowisata di Kecamatan Gedangsari; (3) Mengetahui kekuatan dan kelemahan obyek ekowisata di Kecamatan Gedangsari; (4) Mengetahui Implementasi untuk bahan ajar Kelas XI SMA pada KD Menganalisis Sebaran Sumber Daya Kehutanan, Pertambangan, Kelautan dan Pariwisata Sesuai Prinsip – Prinsip Pembangunan Berkelanjutan.
Penelitian ini menggunakan metode deskripsi kualitatif dengan pendekatan studi  kasus.  Populasi  dalam  penelitian  ini  adalah  potensi  obyek  wisata  yang berada di Kecamatan Gedangsari. Sampel yang diambil adalah pengujung, penduduk sekitar dan pengelola wisata. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian ini adalah (1) Potensi ekowisata Kecamatan Gedangsari adalah Green Village Gedangsari dan Gunung Gentong Gedangsari Gunungkidul; (2) Pengembangan ekowisata Kecamatan Gedangsari sesuai dengan prinsip – prinsip ekowisata untuk obyek ekowisata GVG sudah mencapai 80?n untuk obyek ekowisata 4G baru mencapai 65%. (3) Kekuatan GVG berupa daya tarik yang menarik, aksesibilitas yang mudah, sarana dan prasarana yang memadai dan kebersihan yang terjaga, sedang kelemahannya berupa spot berfoto yang kurang menarik.  Kekuatan  4G antara  lain  daya  tarik  yang  menarik,  kebersihan  yang terjaga dan spot foto yang menarik, sedang kelemahannya adalah aksesibilitas yang sulit dan sarana dan prasana yang belum memadai; (4) Implementasi bahan ajar pada kelas XI IPS 4 SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar berupa modul pembelajaran yang menarik dan mudah dipahami.