Abstrak


Analisis Hubungan Antara Affect Dan Creativity (Studi Pada Karyawan Di Berbagai Industri Di Jakarta)


Oleh :
Andriani Nabila Iswanty - F0214014 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian pengujian hipotesis guna menguji : pengaruh hubungan affect dengan creativity dengan dimensi negative affect dan positive affect. Sumber data penelitian ini dilakukan pada karyawan di berbagai industri di Jakarta. Kriteria responden pada penelitian ini adalah para karyawan yang bekerja di berbagai industri di Jakarta. Penelitian dapat digunakan untuk menetapkan hubungan affect yang dapat membantu pengembangan creativity bagi karyawan di perusahaan.
Penelitian ini merupakan penelitian dengan sumber data primer. Data diperoleh melalui jawaban kuesioner yang diberikan oleh 176 responden. Dalam penelitian ini untuk menguji reliabilitas instrument digunakan cronbach’s alpha, sedangkan untuk menguji validitas diskriminan instrument digunakan analisis faktor.
Penelitian ini menggunakan analisis regresi hierarchical untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa varibel positive affect yang memiliki hubungan positif dengan creativity, sedangkan variabel negative affect tidak memiliki hubungan dengan creativity. Penelitian ini memiliki keterbatasan waktu dalam kaitannya dengan proses pengambilan data. Sehingga dalam penelitian selanjutnya diharapkan melengkapi keterbatasan pada penelitian ini.