Abstrak


Sintesis Partikel Lifepo4 sebagai Material Katoda pada Pembuatan Baterai Lithium Iron Phosphate


Oleh :
Eva Dyah Pambayun - I8315019 - Fak. Teknik


ABSTRAK
Kenaikan kebutuhan energi berbanding lurus dengan banyaknya elektronik yang muncul di era teknologi sekarang. Hal ini menyebabkan perlunya media penyimpan energi listrik (baterai) yang efisien. Salah satu jenis baterai yang dikembangkan saat ini adalah Lithium ion. Secara umum baterai terdiri dari beberapa komponen antara lain katoda, anoda, separator, collector, dan elektrolit. Katoda  dapat  dibuat  dari  bermacam-macam  material  salah  satunya  adalah LiFePO4. LiFePO4 yang dibuat menggunakan metode solid state dengan perbandingan ratio FePO4  dan LiOH yaitu 1:1, 1:1,1, 1:1,2, dan 1:1,3 . Partikel LiFePO4 dibuat dari bahan LiOH, FeSO4, (NH4)H2PO4, serta glukosa yang dicampurkan menjadi satu dan diikuti dengan proses annealing pada suhu 700ºC selama 10 jam.
Karakterisasi partikel LiFePO4 digunakan untuk mengetahui ukuran dari partikel dan kristal  LiFePO4   yaitu dengan scanning electron microscopy (SEM) dan X-Ray diffractometer (XRD). Pengujian performa baterai dilakukan dengan BST8
SERIES Battery Analyzer yaitu berupa kapasitas charge dan discharge. Pada pengujian baterai analyzer diperoleh kapasitas baterai tertinggi terdapat pada metode solid state dengan ratio Li:Fe:P sebesar 1,1:1:1 yaitu 46,1 mAh/gram. Sedangkan kapasitas terendah ratio Li:Fe:P sebesar 1:1:1 yaitu 23,4 mAh/gram.


Kata kunci : LiFePO4/C, Katoda, Baterai lithium ion, Solid state