Abstrak


Aktivitas Media Relations Hartono Mall Life Style Solo Baru PT. Delta Merlin Dunia Properti


Oleh :
Gempita Ajeng Puritama - D1615025 - Fak. ISIP

ABSTRAK
Kuliah kerja media yang dijalani oleh mahasiswa ini sesuai dengan program studi yang yang diambil oleh mahasiswa yaitu Public Relations. Hartono mall life style adalah sebuah perusahaan properti yang berfokus pada pusat perbelanjaan. Penulis tertarik melakukan kegiatan magang karena penulis mendapati banyaknya postingan berita mengenai Hartono Mall melalui media – media sehingga penulis berekspetasi bahwa apabila setiap media sering memberitakan sesuatu yang positif yang berkaitan dengan Hartono Mall, penulis dapat menyimpulkan bahwa Public Relations Hartono Mall memiliki kedekatan atau hubungan relasi yang kuat dengan para media.

Media relations adalah hal yang sangat penting bagi suatu perusahaan atau organisasi dalam  membentuk  suatu  pandangan  baik  dari  public  untuk  mencapai  tujuan organisasi/ lembaga. Public relations berperan sangat penting dalam pelaksana aktivitas kegiatan media relations karena media relations adalah kegiatan yang erat kaitannya dengan komunikasi, public relation dituntut untuk mampu mengkomunikasikan tujuan perusahaan dan kebutuhan publicdan media. Aktivitas media relations yang di lakukan Hartono Mall dalam membangun hubungan baik dengan media massa pada umumnya adalah dengan menjadi sumber informasi, menjadi sumber publikasi, media relations tidak hanya terkait dengan kepentingan sepihak, melainkan kedua belah pihak memiliki kepentingan yang sama.

Selama pelaksanaan KKM (kuliah kerja media) penulis ditempatkan di divisi marketing komunikasi bagian hubungan masyarakat yang didalamnya terdapat kegiatan media relation oleh public relations yang sesuai dengan konsentrasi penulis. Dalam pelaksanaan KKM penulis dilibatkan dalam kegiatan sosialisai pada tenant, pembuatan press release, media monitoring, event – event besar, media visit, makan siang dengan wartawan, sponsorship special event, dokumentasi, publikasi dan yang lainnya yang bersangkutan dengan media. KKM dilaksanakan selama dua bulan lebih
10 hari terhitung sejak tanggal 20 Februari 2018 sampai dengan 30 April 2018.

Kegiatan KKM ini penulis dapat menarik kesimpulan bahwa membangun dan mempertahankan hubungan yang baik dengan media sangatlah penting bagi keberlangsungan publikasi dan mampu menciptakan hubungan permanen yang dapat mempererat hubungan baik antara perusahaan dengan media.
Kata Kunci : media, media relations, hubungan masyarakat