Abstrak


Analisis Pencapaian Penerimaan Ppn Dalam Rangka Impor Di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Karanganyar Tahun 2014-2017


Oleh :
Desi Wulan Retnasih - F3415020 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

ABSTRAK

Penulisan tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pencapaian penerimaan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dalam rangka impor yang dilakukan oleh KPP Pratama Karanganyar dari tahun 2014 - 2017. Selain itu, penulisan tugas akhir ini juga bertujuan untuk mengetahui komoditas impor yang paling berpengaruh terhadap kegiatan industri dan pertumbuhan ekonomi di Karanganyar.
Dalam penulisan tugas akhir ini penulis menggunakan metode pengumpulan data dengan cara wawancara dan dokumentasi, serta untuk teknik pembahasan penulis menggunakan teknik pembahasan Deskriptif Kuantitatif.
Dari penulisan tugas akhir ini didapatkan data bahwa kemampuan KPP Pratama Karanganyar dalam mencapai target penerimaan PPN impor pada tahun 2014-2017 sudah  baik, dilihat dari terjadinya kenaikan dari tahun ke tahun walaupun ada satu tahun anggaran yang mengalami penurunan pencapaian penerimaan PPN impor.
Setelah dilakukan penelitian dalam tugas akhir ini, dapat disimpulkan bahwa penerimaan PPN impor di KPP Pratama Karanganyar secara keseluruhan dapat melampaui target yang telah di tentukan. Kenaikan pencapaian penerimaan PPN Impor tersebut di barengi dengan adanya peningkatan pertumbuhan industri tekstil dan kegiatan impor bahan baku kapas di Karanganyar.
Pada penulisan tugas akhir ini terdepat kekurangan yaitu tidak adanya penelitian atau strategi tersendiri yang dilakukan oleh KPP Pratama Karanganyar untuk meneliti penurunan pencapaian penerimaan PPN impor. Berdasarkan uraian diatas diharapkan pada tahun-tahun berikutnya diadakan penelitian tersendiri agar bisa meminimalisir terjadinya penurunan pencapaian penerimaan PPN impor di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Karanganyar.
Kata Kunci : PPN, Impor, Karanganyar.