Abstrak


Instagram Dan Kosmetik Remaja Wanita: Pengaruh Gaya Hidup Brand Minded dan Kualitas Informasi terhadap Keputusan Pembelian Online Kosmetik Impor pada Akun Instagram @berstore_id di Surakarta pada Tahun 2017


Oleh :
Desy Irma Mistianti - D0213033 - Fak. ISIP

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan maraknya kosmetik impor yang lebih diminati oleh konsumen remaja wanita daripada kosmetik lokal yang memiliki fungsi sama dengan harga yang lebih murah. Penelitian ini penting untuk dilakukan karena objek dalam penelitian ini berpengaruh terhadap penjualan produk impor yang lebih diminati daripada produk lokal. Diawali dengan bagaimana respon seseorang yang memiliki gaya hidup brand minded dalam melihat brand produk kosmetik impor setelah mendapatkan stimulus informasi dari media berupa online review pada media internet dan akun instagram @berstore_id kemudian memengaruhi keputusan pembelian online di akun instagram @berstore_id.
Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan teori efek komunikasi oleh Lavidge dan Steiner. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah 100 orang remaja wanita berusia antara 17 hingga 25 tahun yang memiliki kecenderungan untuk berbelanja dan pernah membeli produk kosmetik bermerek impor di akun instagram @berstore_id. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan regresi berganda.
Hasil dalam penelitian ini ada tiga. Pertama, variabel Gaya Hidup Brand Minded (X1), dan Kualitas Informasi (X2) secara individu berpengaruh terhadap variabel keputusan pembelian kosmetik impor pada akun instagram @berstore_id (Y). Kedua, variabel Gaya Hidup Brand Minded (X1) dan Kualitas Informasi (X2) secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian online kosmetik impor pada akun instagram @berstore_id (Y). Dan ketiga, variabel Gaya Hidup Brand Minded mempunyai nilai koefisien beta tertinggi dibandingkan variabel independen lain yang berarti variabel gaya hidup brand minded merupakan variabel yang paling dominan yang berpengaruh terhadap variabel keputusan pembelian online kosmetik impor pada akun instagram @berstore_id (Y).
Kata Kunci : Gaya Hidup Brand Minded, Kualitas Informasi, Keputusan Pembelian Online