Abstrak


Gaya Kepemimpinan dan Kepuasan Kerja Karyawan Divisi Marketing Communication Solo Paragon Mall


Oleh :
Farah Sad Tirana Sp - F3515026 - Sekolah Pascasarjana

ABSTRAK
Penelitian berjudul “Gaya kepemimpinan dan Kepuasan kerja karyawan divisi marketing communication Solo Paragon Mall” ini memiliki tujuan untuk memahami pengertian dari gaya kepemimpinan dan kepuasan kerja,serta untuk mengetahui gaya kepemimpinan apa yang telah diterapkan pemimpin kepada para karyawan dan dampaknya terhadap kepuasan kerja karyawan.Data penelitian diperoleh melalui wawancara dengan karyawan divisi marketing communication dan melalui pengamatan secara langsung.
Gaya kepemimpinan merupakan suatu pola perilaku dan strategi yang diterapkan seorang pemimpin guna memimpin karyawannya. Sedangkan, kepuasan kerja adalah sikap atau aspek-aspek yang menyenangkan maupun tidak menyenangkan yang berhubungan dengan pekerjaan. Gaya kepemimpinan dan kepuasan kerja karyawan saling terkait dan berdampak satu sama lain. Dengan gaya kepemimpinan yang sesuai, maka akan meningkatkan kepuasan kerja karyawan.Jika hal ini terjadi,maka karyawan yang puas akan semakin termotivasi dan meningkatkan hasil pekerjaannya.
 Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa gaya kepemimpinan yang telah diterapkan manajer adalah gaya direktif yang dimana gaya kepemimpinan ini mendapatkan pro dan kontra ketidakpuasan dari karyawan karena dianggap kurang memberi kebebasan berinovasi pada karyawannya.  Meskipunmendapat pro dan kontra, dengan gaya kepemimpinan direktif ini manajer berhasil membawa divisi Marketing Communication (marcomm) menjadi divisi dengan kinerja terbaik diantara divisi lainnya yang ada di Solo Paragon Mall.

Kata kunci: Gaya Kepemimpinan,Kepuasan Kerja