Abstrak


Analisis Peran Bidang Penempatan Tenaga Kerja pada Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Surakarta dalam Melaksanakan Pelayanan Antar Kerja I-V


Oleh :
Ira Setiana - F3515038 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

ABSTRAK


Tujuan  penulisan  Tugas  Akhir ini  untuk  mengetahui  Peran,  Kendala  dan Solusi pada Bidang Penempatan Tenaga Kerja pada Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Surakarta (DISNAKERPERIN) dalam Melaksanakan Pelayanan Antar Kerja (AK) I-V. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif untuk menganalisa data sehingga memberikan gambaran secara sistematis, akurat dan aktual yang dilengkapi dengan gambar/bagan/diagram/histogram. Sumber data yang digunakan yaitu data primer berupa informasi antar kerja I-V, melalui wawancara dengan pejabat Bidang Penempatan Tenaga Kerja dan data sekunder berupa database pencari kerja lowongan pekerjaan, dan penempatan tenaga kerja tahun 2017.


Berdasarkan hasil penelitian pada Bidang Penempatan Tenaga Kerja pada DISNAKERPERIN Kota Surakarta dapat disimpulkan bahwa pelayanan Antar Kerja I-V menghasilkan Informasi Pasar Kerja (IPK). Kendala pada AK I-V berupa minimnya jumlah pencari kerja dan pemberi kerja dalam perihal laporan kepada DISNAKERPERIN  Kota  Surakarta  dan   belum   dibuat   peraturan   daerah   atau peraturan wali kota untuk pelaksanaan antar kerja I-V. Agar pelayanan AK I-V efekif maka di adakan sosialisasi agar pencari kerja dan pemberi kerja paham mengenai mekanisme penempatan tenaga kerja.


Penulis memberikan saran untuk DISNAKERPERIN Kota Surakarta meningkatkan jumlah peserta sosialisasi, adanya monitoring bagi perwakilan yang hadir  pada  sosisalisasi  agar  menyebarluaskan  informasi  dan  dibuat  peraturan walikota atau peraturan daerah sehingga pencari kerja dan pemberi kerja melaksanakan kewajibannya.


Kata kunci : pencari kerja, pemberi kerja, Antar Kerja, DISNAKERPERIN