Abstrak


Strategi Pemasaran Wisata Kuliner Sirup Limun Oriental Pekalongan di Era Modern


Oleh :
Naelatul Iza - B3215033 - Fak. Ilmu Budaya

ABSTRAK
Tugas akhir ini mengkaji tentang strategi pemasaran dalam membranding produk Sirup Limun Oriental sebagai wisata kuliner di Pekalongan serta aktivitas yang dapat dilakukan wisatawan di Sirup Limun Oriental Pekalongan.
Penelitian ini menggunakan metode observasi di tempat produksi Sirup Limun Oriental di Jalan Rajawali Utara No.15, Panjang Wetan, Pekalongan Utara, Kota Pekalongan, Jawa Tengah 51141, wawancara yang dilakukan langsung di Pabrik Sirup Limun Oriental dengan narasumber direktur, komisaris dan karyawan. Studi dokumen seperti akta perusahaan, sertifikat dan studi pustaka dengan cara mengumpulkan buku-buku dan data yang berkaitan dengan tema penelitian. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dan disajikan secara deskriptif.
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kegiatan yang dapat dilakukan wisatawan di Pabrik Sirup Limun Oriental, dan mengenai strategi pemasaran dalam membranding Sirup Limun Oriental sebagai wisata kuliner.
Bahwa Strategi memasarkan Sirup Limun Oriental dari penelitian ini memberi jalan keluar dengan mengenalkan wisata kuliner Sirup Limun Oriental kepada masyarakat melalui adanya media sosial seperti instagram, dan website. Mendirikan cabang di beberapa daerah di Kota Pekalongan, melakukan kerjasama dengan Dinas Pariwisata Pekalongan. Pabrik Limun Oriental menyediakan kemasan untuk oleh-oleh.

Kata kunci : Strategi Pemasaran, Sirup Limun Oriental, Pekalongan.