Abstrak


Partisipasi Masyarakat dalam Pengembangan Desa Wisata Batik Girilayu di Kabupaten Karanganyar


Oleh :
Sri Sumiati - B3215049 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

ABSTRAK
Desa Wisata Batik Girilayu merupakan salah satu desa wisata yang terletak di Giriayu Kecamatan Matesih, Kabupaten Karanganyar. Sebuah desa yang memiliki budaya dan sejarah berupa batik dari nenek moyang yang masih dilestarikan dan dikembangkan hingga saat ini oleh masyarakat Girilayu.
    Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana partisipasi masyarakat dalam pengembangan Desa Wisata Batik Girilayu di kabupaten Karanganyar serta dan apa yang menjadi hambatan dalam pengembangan Desa Wisata Batik Girilayu di kabupaten Karanganyar.
    Metode yang digunakan didalam penulisan Tugas Akhir ini adalah metode deskriptif yaitu metode dengan menggambarkan objek yang diamati secara jelas dan terperinci. Sedangkan teknik yang digunakan dalam pengumpulan data dalam penulisan laporan ini yaitu observasi lapangan di Desa Wisata Batik Girilayu, wawancara studi pustaka serta studi dokumen..
    Kesimpulan dalam penelitian ini bahwa Desa Girilayu adalah sebuah desa wisata yang memiliki potensi berupa batik. Dari keunikan tersebut munculah inovasi untuk menjadikan desa Girilayu menjadi Desa Wisata Batik Girilayu. Dalam pengembangan Desa Wisata Batik Girilayu di dukung oleh partisipasi masyarakat baik secara langsung, tidak langsung maupun non/tidak ada, yang mana partisipasi masyarakat tersebut sangat berpengaruh dalam pengembangan Desa Wisata Batik Girilayu, terbukti dengan meningkatnya jumlah wisatawan yang datang. Dalam pengembangan Desa Wisata Batik Girilayu terdapat beberapa hambatan yang dihadapi, tetapi hambatan tersebut dapat diselesaikan dengan berbagai solusi.
Kata kunci : Pengembangan, Desa Wisata, Partisipasi Masyarakat