Abstrak


Penerapan Customer Relationship Management (Crm) sebagai Upaya Mempertahankan Loyalitas Sahabat Rumah Pangan Kita (Rpk) (Studi Kasus : Perum Bulog Subdivre Iii Surakarta)


Oleh :
Ajeng Ayudya Prameswari - F3215006 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan teori Customer Relationship Management (CRM) sehingga dapat mempertahankan loyalitas dari Sahabat Rumah Pangan Kita (RPK) pada Perum Bulog Sub Divre III Surakarta. Peneliti menggunakan metode pengumpulan data observasi terhadap pelaksanaan program RPK dan wawancara terhadap karyawan Sie Komersial dan Pengembangan Bisnis yang merupakan pelaksana dari program RPK. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif sehingga data yang disajikan peneliti merupakan data asli apa adanya berdasarkan hasil yang diperoleh saat penelitian.
Ada beberapa strategi CRM yang termasuk dalam tahapan dan dimensi CRM telah diterapkan oleh Sie Komersial dan Pengembangan Bisnis pada Sahabat RPK. Selain itu ada beberapa upaya untuk memperkenalkan Produk “Kita” kepada masyarakat yang dinilai kurang efektif. Hasil penelitian yang diperoleh adalah penerapan teori Customer Relatinship Management (CRM) oleh Sie Komersial dan PB pada Perum Bulog Sub Divre III Surakarta sudah cukup efektif dengan menerapkan strategi-strategi praktis dan efisien, namun perlu pengembangan lanjut dalam upaya memperkenalkan produk “Kita” pada Masyarakat.

Kata Kunci: Bulog, Produk, “Kita”, CRM, Loyalitas.