Abstrak


Evaluasi Pengendalian Internal Pembayaran Pensiun Pertama Pegawai Negeri Sipil (PNS) Melalui Rekening Di PT. Taspen (Persero) Cabang Surakarta


Oleh :
Rizky Nur Hidayati - F3315056 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

Pensiun Pertama merupakan hak yang didapatkan pertama kali oleh peserta pensiun ketika sudah memasuki masa purna bakti, demi kesejahteraan peserta pensiun menjelang pensiun terkait pengurusan untuk mendapatkan hak pensiun pertama PT. TASPEN (Persero) Cabang Surakarta selalu mengevaluasi prosedur dan pengendalian internalnya agar penyaluran dana berjalan dengan efektif dan efisien.
Tujuan dari penelitian ini adalah menjelaskan prosedur beserta evaluasi
sistem pengendalian internal yang diterapkan dalam pelayanan pembayaran pensiun pertama Pegawai Negeri Sipil (PNS) melalui rekening pada PT. TASPEN (Persero) Cabang Surakarta. Langkah yang digunakan dalam penelitian ini adalah menjelaskan prosedur dan mengevaluasi pengendalian internal pembayaran pensiun pertama baik secara tunai dan rekening.
Berdasarkan   hasil   penelitian   yang   telah   dilakukan,   penulis   dapat
mengambil kesimpulan bahwa prosedur pembayaran pensiun pertama secara tunai dapat menimbulkan masalah sehingga terjadi peralihan pembayaran dana pensiun melalui rekening. Dalam penerapan sistem pengendalian internal, PT. TASPEN (Persero) Cabang Surakarta selain menerapkan People Oriented System juga dibantu 2 sistem yaitu ACB dan SAP. Selain itu, PT. TASPEN (Persero) Cabang Surakarta juga  melakukan pengendalian  internal terhadap  mitra bayar  sebagai penyalur dana pensiun melalui rekening.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, penulis memberikan saran adanya
meningkatkan pengawasan secara rutin oleh pihak PT. Taspen (Persero) Cabang
Surakarta terhadap Mitra Bayar selaku penyalur dana pensiun