Abstrak


Sistematika Intermediasi Pd. Bpr Bank Solo sebagai Perusahaan Daerah Pemerintah Kota Surakarta


Oleh :
Jan Dionisius Siboro - F3615039 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

ABSTRAK

    PD. BPR Bank Solo sebagai lembaga intermediasi yang kegiatan operasionalnya menghimpun dana dari masyarakat dan menyalurkannya kembali dalam kredit.  Penulisan karya ilmiah ini bertujuan untuk mengetahui sistematika dan usaha PD. BPR Bank Solo dalam rangka melakukan kegiatan intermediasinya secara optimal. Penelitian dilakukan dengan menganalisa data yang berkaitan dengan perkembangan dana dan kredit pada PD. BPR Bank Solo. Data yang digunakan untuk penelitian berasal dari laporan keuangan PD. BPR Bank Solo pada tahun 2012 s/d 2017. Analisis data dilakukan dengan metode studi dokumen sehingga didapatkan data dan informasi yang bisa dikombinasikan dengan pembahasan mengenai sistematika intermediasi PD. BPR Bank Solo.
 PD. BPR Bank Solo sebagai Perusahaan Daerah milik Pemerintah Kota melakukan usaha penghimpunan dana sebagai modal pendukung operasionalnya. Strategi penghimpunan dilakukan dengan menawarkan suku bunga simpanan yang menarik minat masyarakat untuk menabung di PD. BPR Bank Solo. Kemampuan bisnis PD. BPR Bank Solo juga ditentukan oleh ketersediaan dana yang mereka miliki sehingga perlu melakukan usaha optimalisasi bagi ketersediaan dananya. Dana cadangan dan laba ditahan selalu mengalami peningkatan yang menunjukkan keberhasilan usaha pengoptimalan dana PD. BPR Bank Solo. Jumlah kredit yang disalurkan PD. BPR Bank Solo selalu mengalami peningkatan setiap periodenya. Penyaluran kredit juga perlu dilakukan dengan analisis yang detail sehingga meminimalisir peluang kredit macet. Analisis terhadap penyaluran kredit dilakukan dengan pendekatan nasabah menggunakan metode 5C dan membandingkan informasi dari BI Checking.
Berdasarkan hasil pengamatan dan pembahasan yang berkaitan dengan sistematika intermediasi, PD. BPR Bank Solo dalam usaha menghimpun dana menawarkan suku bunga yang bunga yang menarik minat masyarakat sehingga mampu meningkatkan jumlah Dana Pihak Ketiga (DPK) setiap tahunnya. Dana cadangan dan laba ditahan yang mengalami peningkatan menunjukkan keberhasilan usaha optimalisasi dana PD. BPR Bank Solo. PD. BPR Bank Solo sudah melakukan analisis kredit yang berlandaskan 5C dan membandingkan informasi BI Checking dalam usaha mengoptimalkan kreditnya sehingga rasio NPL menunjukkan bank pada kondisi yang sehat.

Kata Kunci: PD. BPR Bank Solo, Lembaga Intermediasi, Dana Pihak Ketiga (DPK),  Kredit.