Abstrak


Evaluasi Sistem Pengakuan Penjualan Tunai Pada PT. Central Jaya Daya Wiguna


Oleh :
Gavanda Praba Anugerah Aryoko - F3315030 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

Tujuan pembelajaran ini untuk menemukan dan memahami bagaimana sistem pengakuan penjualan tunai yang diterapkan oleh PT. Central Jaya Daya Wiguna. Metode yang digunakan adalah metode kauntitatif yakni melakukan survei dan wawancara terhadap pihak manajemen. PT. Central Jaya Daya Wiguna adalah perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur dan perusahaan bersifat multilevel marketing. Produk yang dihasilkan perusahaan ialah air mineral beroksigen.

Hasil penilitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa sistem pengakuan penjualan yang dterapkan PT. Central Jaya Daya Wiguna sudah sesuai dengan SOP . Fungsi yang terkait, jaringan prosedur, dokumen, dan pencatatan sudah seusai dengan SOP yang ditetapkan perusahaan. Namun perusahaan masih memiliki permasalahaan, yaitu terjadi perbedaan pencatatan dalam pengakuan penjualan.

Berdasarkan kesimpulan di atas, maka penulis memberikan saran kepada PT. Central Jaya Daya Wiguna untuk memperluas jaringan jasa pengiriman, agar tidak terjadi penundaan pengiriman barang kepada konsumen. PT. Central Jaya Daya Wiguna  juga  dapat  membentuk  bagian gudang  transit  untuk  barang-barang  yang belum bisa dikirimkan kepada konsumen