Abstrak


Penilaian Risiko Kesehatan Faktor Bahaya Fisika dan Kimia pada Mine Production B Area Ciguha Utama PT Antam Tbk. Unit Bisnis Pertambangan Emas Pongkor


Oleh :
Ridho Dwi Prasetyo - R0015080 - Fak. Kedokteran

ABSTRAK

Latar Belakang : PT. Antam Tbk. Unit Bisnis Pertambanagn Emas Pongkor, merupakan perusahaan pertambangan mineral khususnya penambangan bijih emas yang berada di bawah tanah. Tambang bawah tanah memiliki risiko tinggi seperti heat stress karena area kerja yang panas, penurunan daya dengar karena bising dari alat kerja, gangguan pernafasan akibat debu maupun gas dan kelelahan kerja. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menilai risiko kesehatan faktor bahaya fisika dan kimia berdasarkan klasifikasi tingkat risiko kesehatan Occupational Health Risk Asessment ICMM (International Council on Mining and Metal) 2009 pada aktivitas kerja di Mine Prouction B Area Ciguha Utama PT. Antam Tbk. Unit Bisnis Pertambangan Emas Pongkor.
Metode : Penelitian ini menggunakan metode deskriptif untuk menjelaskan hasil penilaian risiko kesehatan faktor bahaya fisika dan kimia pada Mine Production B Area Ciguha Utma PT. Antam Tbk. Unit Bisnis Pertambangan Emas Pongkor.
Hasil : Dalam penilaian risiko kesehatan faktor bahaya fisika dan kimia pada Mine Production B Area Ciguha Utama PT. Antam Tbk. Unit Bisnis Pertambangan Emas Pongkor menggunakan Occupational Health Risk Assesment ICMM (International Council on Mining and Metal) 2009, masih terdapat bahaya yang memiliki tingkat risiko tinggi, yaitu kebisingan, iklim kerja, dan getaran.
Simpulan :  Tingkat risiko bahaya tertinggi pada Mine Production B Area Ciguha Utama PT. Antam Tbk Unit Bisnis Pertambangan Emas Pongkor yaitu kebisingan, iklim kerja, dan getaran. 

Kata Kunci : Penilaian Risiko Kesehatan, Faktor Bahaya Fisika dan Kimia