Abstrak


Evaluasi Sistem Akuntansi Pembelian Bahan Pembantu Pada CV Jalan Kayu Surakarta


Oleh :
Berlian Anggana Siwi - F3315015 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi sistem pembelian bahan pembantu yang diterapkan di CV Jalan Kayu guna meningkatkan efektivitas pengendalian intern. Pengumpulan data dilakukan dengan studi pustaka, wawancara dan observasi. Analisis yang dilakukan adalah analisis deskiptif kualitatif.
Dalam CV Jalan Kayu, kayu merupakan bahan baku utama sedangkan stainless steel, kaca, resin, besi, lem, amplas, dan sebagainya merupakan bahan pembantu. Perusahaan ini melakukan pembelian bahan pembantu dengan sistem kredit. Perusahaan harus mampu mengelola dan melakukan pembelian bahan bantu dengan baik dan berkualitas sehingga menunjang proses produksi, selain itu pembelian bahan pembantu juga memerlukan pengendalian intern yang baik agar dapat menghindari resiko terjadi nya kecurangan dan penyalahgunaan wewenang.
Berdasarkan hasil evaluasi sistem akuntansi pembelian bahan pembantu pada perusahaan ini, masih terdapat kelemahan seperti belum adanya pemisahan fungsi, dokumen dokumen yang digunakan belum bernomor urut cetak, catatan akuntansi yang kurang memadai, prosedur jaringan yang belum di tangani bagian yang seharusnya.