Abstrak


Perhitungan Harga Pokok Produksi Dalam Menentukan Harga Jual Melalui Metode Cost Plus Pricing Dengan Pendekatan Full Costing (Studi Kasus Pada Usaha Produksi Jas Hujan Azzam Raincoat Di karanganyar)


Oleh :
Gilang Aji Pradana - F3315032 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

Harga pokok produksi merupakan salah satu hal yang penting untuk dicermati, terutama pada usaha yang bergerak di bidang manufaktur karena berkaitan dengan penentuan harga jual yang kompetitif dan akurat.
Penelitian ini dilakukan pada Azzam Raincoat yang berlokasi di Jaten, Karanganyar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui harga pokok produksi dalam menentukan harga jual dengan metode cost plus pricing melalui pendekatan full costing.
Dalam penelitian ini, penulis menemukan temuan bahwa Azzam Raincoat belum memperhitungkan semua unsur biaya overhead pabrik ke dalam harga pokok produksi. Akibatnya usaha ini sulit mengetahui nilai keuntungan secara pasti dari penjualan produk atas jas hujan tersebut karena cara perhitungan harga pokok produksi yang digunakan belum akurat. Selain itu, penetapan harga jual jas hujan hanya melakukan estimasi dari perhitungan harga pokok produksi Azzam Raincoat tanpa menggunakan metode cost plus pricing. Apabila Azzam Raincoat menginginkan perhitungan harga pokok produksi dan harga jual yang tepat dan akurat, maka perlu adanya evaluasi terhadap biaya overhead pabrik dan biaya non produksi melalui pendekatan full costing. Hasil dari penelitian ini dijadikan dasar penulis untuk memberi rekomendasi kepada pemilik usaha agar dapat lebih teliti dalam menghitung harga pokok produksi dan menetapkan harga jual yang kompetitif sesuai dengan kualitas produknya sehingga dapat menghasilkan keuntungan yang maksimal.