Abstrak


Peran Moderasi Gender dalam Hubungan antara Work-Life Balance dengan Job Satisfaction (Studi pada Karyawan PT Sri Rejeki Isman (Sritex) Tbk Sukoharjo)


Oleh :
Bra Wangi Pamor Kusumo - F0214025 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran moderasi gender dalam hubungan antara work-life balance dengan job satisfaction. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah karyawan pada PT Sritex yang bekerja pada bagian garmen dan bagian operasi dengan jumlah responden sebanyak 284 karyawan. Sampel pada penelitian ini terdiri atas 207 orang karyawan perempuan dan 77 orang karyawan laki-laki.
Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa analisis regresi menghasilkan uji statistik yang signifikan pada interaksi antara work-life balance dan jenis kelamin. Hal ini menunjukkan bahwa gender memoderasi hubungan antara work-life balance dengan job satisfaction.
Penelitian ini memiliki keterbatasan, antara lain hasil penelitian ini hanya didasarkan pada data primer yang berupa jawaban responden atau kuesioner yang telah disebarkan, sehingga data yang dikumpulkan sangat tergantung pada keseriusan dan kejujuran responden.

Kata Kunci:  work-life balance, job satisfaction, gender