Abstrak


Sistem Administrasi Permohonan Pemesanan Pita Cukai Hasil Tembakau pada Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean B Surakarta


Oleh :
Herlina Nur Sawitri - D1515048 - Fak. ISIP

ABSTRAK


Penulisan Tugas Akhir ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana sistem administrasi yang digunakan dalam permohonan pemesanan pita cukai di Kantor Pengawasan  dan  Pelayanan  Bea dan  Cukai Tipe Madya Pabean  B Surakarta. Observasi yang dilakukan untuk mengamati tata cara pengguna jasa dari penyediaan serta permohoan sampai dengan pita cukai diterima oleh pengguna jasa. Pengamatan ini bersifat deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Penulisan Tugas Akhir ini menggunakan landasan teori berupa Undang-Undang Dasar, Undang-Undang Cukai, Peraturan Menteri dan studi pustaka lainnya yang dapat dijadikan bahan penulisan Tugas Akhir.

Permohonan pemesanan pita cukai merupakan dokumen yang wajib digunakan oleh pengguna jasa untuk mendapatkan pita cukai yang selain sebagai dokumen sekuriti negara digunakan juga sebagai tanda pelunasan pembayaran. Dengan baiknya sistem administrasi yang dilaksanakan pada kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan cukai Tipe Madya Pabean B Surakarta akan mengurangi tindakan yang merugikan negara dalam hal pita cukai. Dokumen permohonan pemesanan pita cukai dapat digunakan sebagai salah satu cara pengawasan terhadap jumlah edar barang yang dikenakan cukai pada hasil tembakau. Dengan adanya sistem administrasi  yang baik diharapkan tidak terjadi kendala seperti halnya pita cukai yang sudah dipesan namun tidak dilekatkan sehingga dikembalikan lagi, adapun pelanggaran yang berupa penggunaan pita cukai bekas yang dilekatkan kembali. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan oleh penulis sistem administrasi dalam hal pemesanan pita cukai bisa dikatakan baik. Sedikit saran yang dapat diberikan penulis agar Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean B Surakarta tetap mempertahankan kinerja mereka dalam hal sistem Administrasi Yang Baik Pada Pengguna Jasa.

Kata Kunci : Permohonan Pemesanan, Pita Cukai