Abstrak


Sistem Informasi Rekrutmen Karyawan di PT. Intan Pariwara Klaten


Oleh :
Hayuning Tyas T.k - D1515046 - Fak. ISIP

Dalam perkembangan dan kemajuan teknologi informasi yang semakin canggih dan modern membutuhkan informasi  yang disajikan secara tepat dan akurat. Dan untuk mencapai hal tersebut membutuhkan suatu sistem yang dapat mengolah  data  secara  efektif  dan  efisien.  Sistem  informasi  saat  ini  menjadi peranan penting dalam berbagai bidang aspek kehidupan. Sumber daya manusia juga menjadi peranan terpenting dalam menjalankan suatu sistem tersebut. Sehingga dalam suatu perusahaan membutuhkan sumber daya manusia guna menyelesaikan tugas perusahaan dan dapat mencapai tujuan perusahaan. PT Intan Pariwara menggunakan sistem Fox Pro dalam proses input data para pelamar kerja.   Sistem   informasi   tersebut   bertujuan   untuk   memudahkan   pekerjaan karyawan dalam menyimpan berkas lamaran kerja. Sistem informasi rekrutmen karyawan yang digunakan PT Intan Pariwara Klaten yaitu sistem Fox Pro. Sistem tersebut digunakan dalam proses penerimaan calon karyawan yaitu untuk memasukan data pelamar, menginput status pelamar dan mencetak status karyawan. Tujuan dari pengamatan ini adalah untuk mengetahui sistem informasi rekrutmen karyawan  serta kendala yang dihadapi pada sistem fox pro tersebut.
Pengamatan ini dilakukan di PT Intan Pariwara Klaten pada devisi HRD (Human Resource Development). Jenis pengamatan ini yaitu deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui wawancara, observasi, mengkaji dokumen dan arsip.
Hasil pengamatan ini dapat ditarik kesimpulan bahwa sistem informasi rekrutmen karyawan sudah cukup berjalan dengan optimal, namun sistem tersebut terkadang eror pada saat dijalankan. Hal tersebut dapat dilihat dari sistem fox pro yang terkendala oleh error system.

Kata kunci : Sistem Informasi, Rekrutmen, Fox Pro.