Abstrak


Pengaruh Gaya Kepemimpinan pada Efektivitas Pemimpin, Extra Effort, dan Kepuasan Karyawan (Studi pada Karyawan Bank DKI Jakarta)


Oleh :
Rieska Nugrahini - F1216058 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

ABSTRAK

Tujuan studi dari Penelitian ini menguji pengaruh gaya kepemimpinan transformasional, transaksional, laissez-faire dengan efektivitas pemimpin,extra effort serta kepuasan karyawan.
Intrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah MLQ Leadership Questionare Bass Avolio,objek dalam penelitian ini adalah karyawan Bank DKI Jakarta KC Jakarta Timur dan diperoleh sampel yang memenuhi kriteria sebanyak 200 reesponden. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah puposive sampling. Kriteria yang dibutuhkan dalam penelitian ini adalah karyawan Bank DKI KC Jakarta Timur dengan masa kerja lebih dari 1 tahun. Metode analisis data yang digunakan dalam pengujian hubungan antar variabel penelitian ini adalah metode Partial Least Square (PLS). Analisis data meliputi uji validitas dan reliabilitas instrumen, dan pengujian hipotesis secara statistik.
Berdasarkan hasil analisis dengan menggunakan metode analisis  deskriptif dan PLS, maka dapat diambil kesimpulan bahwa gaya kepemimpinan transformasional dan transaksional berpengaruh positif pada efektivitas pemimpin, extra effort karyawan, dan kepuasan karyawan.
Penelitian ini memilki keterbatasan yaitu hambatan pengisian kuesioner secara online untuk responden yang memiliki intensistas yang rendah dengan gadget dan hasil penelitian  belum tentu sama jika diterapkan pada Bank DKI dengan cabang yang berbeda. Penelitian selanjutnya diharapkan pada obyek penelitian yang berbeda diluar sektor perbankan. 


Kata kunci : Kepemimpinan transformasional, Kepemimpinan Transaksional, Kepemimpinan Laissez-Faire.