Abstrak


Analisis Pengaruh Online Shop, Metode Pembayaran dengan Menggunakan Kartu Debit dan Kartu Kredit terhadap Pengeluaran Konsumsi: Studi di Kota Surakarta


Oleh :
Audita Hernindya Putri - F0114019 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh dari pendapatan, online shop, kartu kredit, dan kartu debit terhadap pengeluaran konsumsi masyarakat di Kota Surakarta. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan teknologi yang pesat serta minat masyarakat perkotaan terhadap online shop yang bersifat praktis serta menawarkan metode pembayaran yang menarik.
Penelitian ini mengambil jumlah responden sebanyak 100 orang, 50 diantaranya adalah masyarakat yang memiliki kartu kredit dan 50 diantaranya masyarakat yang memiliki kartu debit. Selanjutnya, pengambilan sampel dilakukan menggunakan metode purposive sampling. Teknik pengujian data dilakukan dengan menggunakan metode Regresi Berganda. 
Berdasarkan hasil analisis regresi yang dikomparasikan dengan hipotesis atau dugaan awal dalam penelitian ini, didapatkan hasil bahwa dari 4 variabel yang dianalisis yaitu variabel pendapatan, online shop, kartu kredit, dan kartu debit, hanya 2 variabel yang berpengaruh secara signifikan terhadap pengeluaran konsumsi masyarakat di kota Surakarta yaitu variabel pendapatan dan online shop.