Abstrak


Upaya Meningkatkan Emotional Autonomy melalui Kegiatan Entrepreneurship pada Anak Kelompok B TK Sandhy Putra Tahun Ajaran 2017/2018


Oleh :
Sekar Sholih Mulatsari - K8114060 - Fak. KIP

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan kegiatan entrepreneurship (kewirausahaan) dalam meningkatkan emotional autonomy (kemandirian emosi) pada anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini dilakukan di TK Sandhy Putra Surakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Prosedur penelitian ini terdiri dari empat fase, yaitu : a) perencanaan, b) tindakan, c) observasi, d) refleksi.

Teknik pengumpulan data dilakukan melalui, observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik pengumpulan data. Analisis data menggunakan analisis kuantitatif berupa teknik analisis data komparatif untuk membandingkan prosentase dari hasil tindakan tiap siklus serta analisis kualitatif interaktif.

Simpulan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ketercapaian nilai kemandirian emosi anak mengingkat dari pra tindakan sebesar 36,36%, siklus I sebesar 54,54% dan pada siklus II sebesar 83,63%. Peningkatan tersebut ditandai dengan keberhasilan anak untuk tidak bergantung dengan orang lain, mampu menyelesaikan tugas sendiri dan mampu mengembangkan rasa percaya diri.