Abstrak


Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Sikap Profesional Guru terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Peserta Didik Kelas X IPS di Sma Negeri 1 Ceper Tahun Ajaran 2017/2018


Oleh :
Rafika Erindaru - K7614040 - Fak. KIP

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) mengetahui dan menguji pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan sikap profesional guru terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi peserta didik kelas X IPS SMA Negeri 1 Ceper, 2) mengetahui dan menguji pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi peserta didik kelas X IPS SMA Negeri 1 Ceper, dan 3) mengetahui dan menguji pengaruh sikap profesional guru terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi peserta didik kelas X IPS SMA Negeri 1 Ceper. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Ceper Tahun Ajaran 2017/2018. Teknik pengambilan sampel adalah sampel jenuh. Jumlah sampel adalah 64 responden. Teknik pengumpulan data adalah wawancara, dokumentasi dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda.   
Hasil penelitian menunjukkan persamaan regresi berganda sebesar Y = 7.148 + 0,604 X1 + 0,263 X2. Koefisien regresi bernilai positif artinya kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap prestasi belajar peserta didik dan sikap profesional guru berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap prestasi belajar peserta didik. Hal ini berarti semakin baik kepemimpinan kepala sekolah mengakibatkan semakin tinggi prestasi belajar peserta didik dan semakin tinggi pengaruh sikap profesional guru mengakibatkan semakin tinggi prestasi belajar peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar peserta didik yang ditunjukkan dengan nilai probabilitas <0,05 (0,000<0,05), (2) sikap profesional guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar peserta didik yang ditunjukkan dengan nilai probabilitas <0,05 (0,000<0,05), (3) kepemimpinan kepala sekolah dan sikap profesional guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar peserta didik yang ditunjukkan dengan nilai probabilitas <0,05 (0,000<0,05) dan nilai  Adjusted R square sebesar 55,9%. Hal ini menunjukkan bahwa 55,9% prestasi belajar peserta didik dipengaruhi oleh kepemimpinan kepala sekolah dan sikap profesional guru, sedangkan sisanya sebesar 44,1% dipengaruhi oleh faktorfaktor lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian.

Kata kunci: kepemimpinan kepala sekolah, sikap profesional guru, prestasi belajar.