Abstrak


Reaksi Pasar Modal Indonesia Atas Peristiwa Pemilihan Kepala Daerah DKI Jakarta Putaran II 2017 (Event Study pada Indeks Kompas 100)


Oleh :
Silmy Mia Yunifa - F1216066 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

ABSTRAK

Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian pengujian hipotesis guna menguji:1) terdapat reaksi terhadap peristiwa dengan adanya actual return, abnormal return, dan trading volume activity, 2) terdapat reaksi terhadap peristiwa dengan adanya average abnormal return, 3) terdapat reaksi terhadap peristiwa dengan adanya average trading volume activity 4) terdapat reaksi terhadap peristiwa dengan adanya cumulative average abnormal return. Penelitian ini dilakukan pada Indeks kompas 100 yang dimana perusahaan yang digunakan sebanyak 100 perusahaan. Setelah melakukan uji normalitas perusahaan, yang termasuk dalam kriteria normal yaitu sebanyak 48 perusahaan.  Penelitian ini menggunakan single index model. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1)terdapat reaksi terhadap peristiwa dengan adanya actual return yang signifikan tetapi abnormal return dan trading volume activity tidak ditemukan adanya abnormal return dan trading volume activit yang signifikan; 2) tidak ditemukan adanya average abnormal return yang signifikan selama event periode; 3) tidak ditemukan adanya average trading volume activity yang signifikan selama event periode; 4) tidak ditemukan adanya cumulative average abnormal return yang signifikan selama event periode.  Studi ini memiliki beberapa keterbatasan yang meliputi jumlah sampel dan waktu pengamatan relatif sedikit. Sehingga penelitian selanjutnya diharapkan melengkapi keterbatasan pada penelitian ini.

Kata kunci: Actual return, Abnormal return, Trading volume activity, Average Abnormal return, Average Trading volume activity, Cumulative average abnormal return.