Abstrak


Evaluasi Pelaporan Penjualan Avtur / Jet A-1 Berbasis System Mysap Di DPPU Adi Sumarmo


Oleh :
Erwin Fachriza Kusumah - F3316022 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

ABSTRAK

Penelitian Tugas Akhir ini dilakukan di perusahaan manufaktur DPPU PERTAMINA ADI SUMARMO yang merupakan salah satu bagian dari PT. PERTAMINA (PERSERO) BIDANG AVIASI DIVISI MOR IV. Tujuan diadakan penelitian ini untuk mengetahui lingkungan kerja yang sesungguhnya dan penerapan ilmu akuntansi secara langsung.
Metode penelitian yang digunakan adalah dengan menggunakan metode penelitian survei yang mengambil sampel data dari DPPU PERTAMINA ADI SUMARMO. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan wawancara, dan observasi. Metode pembahasan yang digunakan adalah pembahasan deskriptif yaitu pembahasan yang mencakup bagaimana penerapan ilmu sistem informasi akuntansi dan cara pengoperasian system MySap.
Berdasarkan hasil survei, DPPU PERTAMINA ADI SUMARMO adalah lokasi atau outlet yang berfungsi sebagai frontliner bagi PERTAMINA AVIASI. Proses kegiatan yang terjadi adalah menimbun dan menyalurkan kembali avtur  dari terminal bahan bakar minyak ke maskapai. Semua aktivitas penjualan akan diinput ke system MySap.. Perlu ketelitian tinggi pada saat menginput ke system mysap, karena jika terdapat kesalahan sedikit saja bisa berakibat fatal kepada head operation, personel yang melakukan input, serta penilaian terhadap lokasi dari pihak maskapai dan pusat. Masalah yang terdapat di lokasi ini adalah masih terdapat personel yang belum paham betul bagaimana cara menginput ke system dengan benar. Serta banyak faktor lain yang dapat menyebabkan rentannya kesalahan penginputan data ke dalam system MySap.  
Saran dari penulis adalah perlu diadakan pelatihan kembali mengenai pengenalan system MySap secara detail dan menyeluruh guna menghindari kesalahan fatal ketika proses input penjualan ke system mysap. Karena walaupun terlihat kesalahan sederhana akan tetapi dampaknya akan sangat besar kepada pihak Pertamina secara menyeluruh.
Kata kunci : MySap, input, penjualan.