Abstrak


Optimalisasi Dan Kontribusi Pajak Mineral Bukan Logam Dan Batuan Terhadap Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Magelang Tahun 2016-2018


Oleh :
Muhammad Choerul Fata - F3416038 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

ABSTRAKSI

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahuhi seberapa besar efektivitas dan  kontribusi penerimaan di Kabupaten Magelang yang bersumber dari Pajak Mineral Bukan Logam dan Batuan terhadap Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Magelang tahun 2016-2018, serta mengetahui upaya yang dilakukan oleh Badan Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Magelang untuk mengoptimalkan Pendapatan Daerah yang bersumber dari Pajak Mineral Bukan Logam dan Batuan.
Jenis penelitian ini adalah studi kasus, sedangkan Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan dokumentasi. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Laporan Realisasi Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Magelang Tahun 2016-2018
Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) efektivitas Pajak Mineral Bukan Logam dan Batuan (golongan C) Kabupaten Magelang tahun 2016 sampai dengan tahun 2018 memiliki rata-rata sebesar 106,48%. (2) kontribusi Pajak Mineral Bukan Logam dan Batuan Kabupaten Magelang tahun 2016 sampai dengan 2018 memiliki rata-rata sebesar 4,13%. (3) Badan Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Magelang melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan penerimaan Pajak Mineral Bukan Logam dan Batuan. (4) didalam upaya untuk meningkatkan Penerimaan Pajak Mineral Bukan Logam dan Batuan Badan Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Magelang juga menemukan berbagai hambatan.
Kata kunci: Pajak Mineral Bukan Logam dan Batuan, Badan Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Magelang.