Abstrak


Dramaturgi Penggunaan Media Sosial Bigo Live (Studi Kasus mengenai Pengolahan Kesan melalui Media Sosial Bigo Live pada Mahasiswa FISIP UNS Angkatan 2015/2016)


Oleh :
Fery Perdana Poetra Sianturi - D1215066 - Fak. ISIP

ABSTRAK

Penelitian ini berjudul Dramaturgi penggunaan media social bigo live ( studi kasus pengolahan kesan media social bigo live pada mahasiswa FISIP UNS angakatan 2015/2016). Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengambarkan  kesan yang dibangun masing masing penyiar dalam melakukan siaran serta pembentukan symbol apa yang mereka gunakan untuk mengambarkan kesan yang dibuat dalam siaran.
Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori dramaturgi Erving Goffman,menjelaskan pengolahan kesan dalam front stage maupun backstage si pelaku. Pendekatan yang digunakan studi kasus, sedangkan teknik pengumpulan data melalui observasi, indept interview, dan dokumentasi data. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Dalam pengumpulan data digunakan indepth interview dengan enam orang yang menjadi narasumber, dan berasal dari mahasiswa FISIP UNS 2015/2016 memiliki akun bigo dan aktif dalam waktu yang cukup lama.
Berdasarkan hasil penelitian yang didapat, para pengguna bigo live dalam mengola kesan mereka kepada publik cukup beragam, hal ini didukung dengan   penggunaan symbol symbol menjadi penegasan mereka dalam melakukan pengolahan kesan tersebut. Pengolahan kesan yang dilakukan untuk membangun karakter mereka dalam siaran langsung di masing masing channel mereka.

Kata Kunci : bigo live, dramaturgi, kesan social, media.