Abstrak


Pengaruh Intellectual Capital Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2016)


Oleh :
Almira Sonaya - F0314010 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

ABSTRAK

Penelitian ini menguji pengaruh Intellectual Capital (IC) terhadap kinerja keuangan perusahaan pada perusahaan perbankan di Indonesia tahun 2013-2016. Komponen-komponen dalam pengukuran IC yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada pada penelitian Meles et al. (2016) yang diadopsi dari penelitian oleh Pulic (2008). Komponen IC tersebut dihitung dengan VAIC yaitu VACA, VAHU dan STVA. Selain itu, penelitian ini juga membandingkan bagaimana pengaruh IC terhadap kinerja keuangan perusahaan pada bank BUMN milik pemerintah dan bank BUSN milik swasta. Kinerja keuangan perusahaan diproksikan ke dalam ROA dan ROE.
Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh melalui data-data dan laporan tahunan perusahaan yang diterbitkan melalui Bursa Efek Indonesia (BEI). Pengambilan data dilakukan melalui download laporan tahunan perusahaan di www.idx.co.id dan situs resmi perusahaan.
Hasil pengujian penelitian ini adalah menunjukkan komponen IC yang berupa VACA tidak signifikan terhadap ROA, namun signifikan terhadap ROE. VAHU bengaruh signifikan terhadap ROA maupun ROE. STVA berpengaruh tidak signifikan terhadap ROA maupun ROE. Temuan lainnya adalah pengaruh IC terhadap kinerja keuangan baik dilihat dari ROA maupun ROE pada perbankan BUMN dan BUSN adalah homogen atau terdapat kesamaan varians antar kelompok.
Kata Kunci: VAIC, ROA, ROE, Kinerja Keuangan Perusahaan, Bank BUMN, Bank BUSN