Abstrak


Strategi Komunikasi Pemasaran Pt Suara Merdeka Press Melalui Penyelenggaraan Event Warga Guyub Sebagai Media Promosi


Oleh :
Resti Rahmadhani - D0214085 - Fak. ISIP

ABSTRAK
Perkembangan teknologi informasi belakangan ini mengalami pertumbuhan yang cukup pesat. Hal tersebut menyebabkan media informasi klasik seperti koran mengalami penurunan peminat. PT Suara Merdeka Press selaku perusahaan media cetak terus melakukan inovasi agar industri koran tidak mati. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran pada PT Suara Merdeka melalui penyelenggaraan event Warga Guyub sebagai media promosi.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi deskriptif. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah wawancara mendalam kepada staff marketing communication Suara Merdeka dan juga observasi Event Warga Guyub. Teknik analisis data secara kualitatif deskriptif dilakukan secara interaktif dengan tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.  
Hasil dari penelitian ini adalah strategi komunikasi pemasaran PT Suara Merdeka melalui penyelenggaraan event Warga Guyub, dilaksanakan setelah melalui beberapa tahap. Tahap yang dilakukan oleh tim marcomm dalam melakukan strategi tersebut adalah pengkajian, pengembangan dan perencanaan kegiatan, promosi event, eksekusi dan evaluasi akhir. 
Saran dari penelitian ini adalah agar perusahaan terus melakukan inovasi dari event yang sudah ada ini agar terus mengalami pertumbuhan penjualan koran. 
Kata kunci: Koran, Komunikasi Pemasaran, Event.