Abstrak


Tindak Tutur Dan Strategi Kesantunan Positif Dalam Talkshow Rumpi No Secret: Studi Pragmatik


Oleh :
Bambang Wijanarko - C0211011 - Fak. Ilmu Budaya

ABSTRAK


Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini, yaitu: (1) Bagaimana tindak tutur yang mengekspresikan strategi kesantunan positif dalam tuturan acara Talkshow RNS? (2) Bagaimana strategi kesantunan positif yang digunakan dalam tuturan para pendukung acara Talkshow RNS?
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengidentifikasi dan mendeskripsikan tindak tutur yang mengekspresikan strategi kesantunan positif dalam tuturan acara Talkshow RNS; (2) mengidentifikasi dan mendeskripsikan strategi kesantunan positif yang digunakan dalam tuturan para pendukung acara Talkshow RNS. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan pragmatik. Sumber data dalam penelitian ini adalah acara Talkshow Rumpi No Secret yang ditayangkan di Trans Tv selama 21 episode yang disiarkan antara bulan Desember 2015 - September 2017. Data dalam penelitian ini adalah dialog pembawa acara dan narasumber di acara Talkshow Rumpi No Secret di Trans Tv yang mengandung tindak tutur dan strategi kesantunan positif beserta konteksnya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik simak dan Teknik catat. Metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis kontekstual dan analisis heuristik.
Berdasarkan analisis dapat disimpulkan tiga hal. Pertama, realisasi tindak tutur yang digunakan untuk mengekspresikan kesantunan positif dalam Talkshow RNS ditemukan 4 jenis tindak tutur. Tindak tutur tersebut meliputi tindak tutur asertif, tindak tutur direktif, tindak tutur komisif, dan tindak tutur ekspresif. Tindak tutur asertif meliputi tindak tutur asertif menyatakan, memberitahukan, menyarankan, dan mengemukakan pendapat. Tindak tutur direktif meliputi tindak tutur direktif mempersilahkan, mengajak, mengharap, dan menasihati. Tindak tutur komisif meliputi tindak tutur komisif menawarkan dan menjanjikan. Tindak tutur ekspresif meliputi tindak tutur ekspresif memberikan salam, mengucapkan selamat, terima kasih, memuji dan mengucapkan belasungkawa. Kedua, realisasi strategi kesantunan positif yang terdapat dalam acara Talkshow RNS ditemukan pada seluruh data dan meliputi semua strategi kesantunan positif. Strategi kesantunan positif yang paling banyak digunakan adalah strategi 5, yaitu mencari persetujuan pendengar. Ketiga, realisasi tindak tutur yang mengekspresikan strategi kesantunan positif dalam acara Talkshow Rumpi No Secret ditemukan sebanyak 110 tuturan yang dikelompokkan menjadi 4 yaitu (a) Tindak tutur asertif mengekspresikan stategi 1, srategi 2, strategi 3, strategi 4, strategi 5, strategi 6, strategi 7, strategi 8, strategi 11, strategi 12, dan strategi 15 kesantunan positif, (b) Tindak tutur direktif mengekspresikan strategi 12 dan strategi 15 kesantunan positif, (c) Tindak tutur komisif mengekspresikan strategi 2, strategi 3, strategi 10, strategi 12, dan strategi 15 kesantunan positif, (d) Tindak tutur ekspresif mengekspresikan strategi 3, strategi 8, strategi 9, strategi 13, strategi 14, dan strategi 15 kesantunan positif.