Abstrak


Analisis Perilaku Konsumen dalam Pembelian Pakcoy Hidroponik di Lotte Mart The Park Mall Sukoharjo


Oleh :
Alwi Achmad - H1814002 - Fak. Pertanian

Sayuran hidroponik dapat di budidayakan dalam skala kecil maupun skala besar dengan tujuan komersial. Keunggulan hidroponik antara lain bebas hama dan penyakit, hemat pupuk, dan tidak memerlukan peptisida yang banyak. Dengan berbagai keunggulan tersebut maka banyak peluang di sisi komersialnya. Salah satunya produsen di Lotte Mart The Park Mall Sukoharjo yang mengambil peluang tersebut tetapi dengan cara yang berbeda. Namun dari sisi penjualanya masih  mengalami tingkat yang stugnan sehingga memerlukan analisis perilaku konsumen dengan berbagai faktor yang berpengaruh.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik konsumen pakcoy hidroponik, mengetahui perilaku konsumen dalam proses pengambilan keputusan dalam pembelian pakcoy hidroponik di Lotte Mart The Park Mall Sukoharjo, persepsi konsumen terhadap bauran pemasaran pakcoy hidroponik, dan mengkaji faktor-faktor yang dipertimbangkan konsumen dan variabel-variabel dominan yang dipertimbangkan dalam keputusan pembelian pakcoy hidroponik. Metode dasar penelitian menggunakan metode deskriptif analisis. Daerah penelitian dilaksanakan di Kabupaten Sukoharjo dengan penentuan lokasi penelitian dilakukan secara purposive. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode accidental sampling, di mana peneliti berada di tempat penelitian untuk melakukan penyebaran kuesioner dan melakukan wawancara kepada responden. Jumlah sampel yang diambil adalah sebanyak 100 orang pembeli . Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder dengan teknik pengumpulan data secara wawancara, pencatatan, dan observasi. Metode analisis data dengan menggunakan analisis faktor. Analisis faktor adalah suatu analisis yang digunakan untuk mereduksi, meringkas dari banyak variabel menjadi beberapa faktor. Analisis faktor menggunakan data yang berasal dari pendapat responden terhadap 18 variabel pakcoy hidroponik yang diamati.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan karakteristik responden sebagian besar adalah perempuan (71%), dengan kelompok umur (40 – 49 tahun) (44%), keluarga sedang dengan jumlah anggota keluarga 5 - 7 orang (74%), tingkat pendidikan tinggi (D1-D3,S1, dan S2) (72%), bekerja sebagai wiraswasta (51%), dan pendapatan > 4.000.000 (66%). Persepsi konsumen faktor produk penting bagi konsumen, faktor harga penting bagi konsumen, faktor promosi kurang penting bagi konsumen, dan faktor tempat penting bagi konsumen. Hasil analisis faktor menunjukkan ada 4 faktor yang dipertimbangkan konsumen dalam pemembelian pakcoy hidroponik di Lotte Mart The Park Mall Sukoharjo. Keempat faktor tersebut berdasarkan prioritasnya adalah faktor produk (21,962%), faktor harga (12,812%), tempat  (10,001%), dan faktor promosi (8,439%). Variabel-variabel yang dominan dipertimbangkan konsumen untuk faktor produk adalah variabel tekstur (factor loading sebesar 0,738), faktor harga adalah variabel harga (factor loading sebesar 0,767), faktor tempat adalah variabel lokasi supermarket (faktor loading sebesar 0,707), dan faktor promosi adalah variabel promosi (factor loading sebesar 0,502). Perilaku konsumen dalam proses pengambilan keputusan pembelian mempertimbangkan alasan responden berbelanja sangat tepat (40%), frekuensi pembelian satu kali dalam 2 bulan (62%) dengan jumlah pembelian pakcoy hidroponik 2 ikat (68%), dan faktor bauran pemasaran, yaitu faktor produk, harga, tempat, dan promosi.
Saran yang dapat diberikan berdasarkan hasil penelitian, yaitu sebaiknya pedagang menjual pakcoy hidroponik tidak menaikan harga secara signifikan. Konsumen merasa telah sesuai dengan apa yang telah dibayarkan. Menjaga kualitas produk dengan memberikan nutrisi – nutrisi yang tepat dan sesuai dengan apa yang dibutuhkan pakcoy hidroponik. Pada sektor promosi lebih banyak berinteraksi kepada konsumen.