Abstrak


Konflik Batin Tokoh Utama dalam Novel “Mudzakkira>t Thabi>bah” (1985) Karya Nawa>l As-Sa‘da>wi> (Kajian Psikologi Sastra)


Oleh :
Eris Riswanti - C1013015 - Fak. Ilmu Budaya

Penelitian ini membahas: (1) Bagaimana struktur teks “Mudzakkira>t Thabi>bah” (1985) Karya Nawa>l As-Sa‘da>wi> berdasarkan teori struktural Burhan Nurgiyantoro?; (2) Bagaimana konflik batin tokoh utama pada teks “Mudzakkira>t Thabi>bah” (1985) Karya Nawa>l As-Sa‘da>wi> berdasarkan teori psikologi sastra Sigmund Freud?
Tujuan penelitian ini adalah: (1) menguraikan struktur yang terdapat pada teks “Mudzakkira>t Thabiba>h” (1985) Karya Nawa>l As-Sa‘da>wi>berdasarkan teori struktural Burhan Nurgiyantoro, (2) mendeskripsikan konflik batin tokoh utama berdasarkan teori psikologi sastra Sigmund Freud. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan beberapa hal sebagai berikut: Pertama,diperoleh unsur-unsur struktur yang membangun teks “Mudzakkira>t Thabi>bah” (1985) Karya Nawa>l As-Sa‘da>wi>yaitu (1) Tema yang terdapat dalam cerita yaitu kebebasan perempuan; (2) Cerita terdiri dari 11(sebelas)rangkaian peristiwa;(3) Tokoh,terdapat 5(lima) tokoh yaitu “Aku”, Insinyur, rekan Dokter, Seniman, Ibu; (3)Latar terdiri dari latar waktu dan tempat, latar waktu yaitu pagi hari dan malam hari, sedangkan latar tempat yaitu kamar tamu, halaman fakultas kedokteran, kamar bedah mayat, kamar praktik, tempat tidur, ruangan pertemuan; (5) Sudut pandang yang digunakan yaitu persona pertama: “Aku”, yang menunjukkan adanya keterkaitan antara satu unsur dengan unsur lainnya. Kedua, diperoleh deskripsi konflik batin tokoh utama (1) Dengan saudara lelakinya; yaitu perlakuan tidak adil oleh orang tua dalam hal izin dan menyantap makanan. (2) Konflik batin dengan dirinya sendiri; yaitu dia merasa malu menjadi seorang perempuan dan benci menjadi seorang perempuan. (3) Konflik batin dengan ibunya; yaitu perlakuan kasar dari ibunya dan didikan keras.