;

Abstrak


Pengembangan Instrumen Tes Berbasis Nature of Science (NOS) untuk Mengukur Literasi Sains Siswa SMA pada Materi Hukum Newton


Oleh :
Pratiwi Restu Murti - S081608022 - Sekolah Pascasarjana

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menggambarkan karakteristik instrument tes berbasis Nature Of Science (NOS) pada materi Hukum Newton; 2) mengukur kelayakan instrumen tes berbasis Nature Of Science (NOS) pada materi Hukum Newton; 3) mengukur efektifitas instrumen tes berbasis Nature Of Science (NOS) yang dikembangkan untuk mengukur literasi sains siwa SMA pada materi Hukum Newton.
Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dari Borg dan Gall yang terdiri dari penelitian pendahuluan, desain perencanaan, pengembangan, evaluasi produk dan penyebaran. Instrumen divalidasi oleh empat dosen ahli dan tiga praktisi pendidikan. Uji coba instrumen tes berbasis Nature Of Science (NOS) dilaksanakan di SMAN 1 Karanganyar, SMA 2 Karanganyar, dan MAN Karanganyar. Uji coba lapangan awal melibatkan 10 siswa dari masing-masing sekolah, uji coba lapangan utama melibatkan satu kelas siswa dari masing-masing sekolah, dan uji pelaksanaan lapangan melibatkan 2 kelas siswa dari masing-masing sekolah. Data yang diperoleh dari hasil penelitian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif.
Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan dapat disimpulkan bahwa: 1) karakteristik instrumen tes berbasis Nature Of Science (NOS) untuk mengukur literasi sains siswa SMA pada materi Hukum Newton memenuhi kriteria sebagai instrumen yang baik; 2) instrumen tes berbasis Nature Of Science (NOS) untuk mengukur literasi sains siswa SMA pada materi Hukum Newton yang dikembangkan dinyatakan layak; 3) instrumen tes berbasis Nature Of Science (NOS) untuk mengukur literasi sains siswa SMA pada materi Hukum Newton dapat mengukur literasi sains siswa SMA, dan dapat mengukur pemahan konsep siswa pada Materi Hukum Newton.