Abstrak


Hubungan Antara Persepsi terhadap Harapan Orang Tua dan Optimisme dengan Adaptabilitas Karir pada Mahasiswa Tahun Pertama di Universitas Sebelas Maret


Oleh :
Gamma Inggita Mahanani - G0114048 - Fak. Kedokteran

ABSTRAK


Adaptabilitas karir diperlukan mahasiswa tahun pertama untuk beradaptasi dalam transisi pendidikan dan mengatasi tugas perkembangan karir. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara persepsi terhadap harapan orang tua dan optimisme dengan adaptabilitas karir pada mahasiswa tahun pertama di Universitas Sebelas Maret. Responden dalam penelitian ini berjumlah 188 mahasiswa tahun pertama Universitas Sebelas Maret yang dipilih menggunakan teknik cluster random sampling.
Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi terhadap harapan orang tua dan optimisme dengan adaptabilitas karir ditunjukkan dengan nilai p = 0,000 (p < 0,05). Hasil uji korelasi parsial menunjukkan persepsi terhadap harapan orang tua dan adaptabilitas karir tidak terdapat hubungan signifikan dengan p = 0,778 (p>0,05 ; rx1y =0,021) sementara optimisme dengan adaptabilitas karir terdapat hubungan yang signifikan dengan p = 0,000 (p < 0,05, rx2y = 0,523). Total sumbangan kedua variabel prediktor sebesar 30%. Hal ini berarti masih terdapat 70% faktor lain yang mempengaruhi adaptabilitas karir pada mahasiswa tahun pertama Universitas Sebelas Maret.


Kata kunci: persepsi terhadap harapan orang tua, optimisme, adaptabilitas karir.