Abstrak


Upaya Pemerintah Dalam Pelaksanaan Reduce Impact Logging-Carbon (Ril-C) Di Indonesia Dalam Antisipasi Perubahan Iklim Di Indonesia


Oleh :
Halimah Ratna Sari - E0014180 - Fak. Hukum

Abstrak

Halimah Ratna Sari. E0014180. 2018.UPAYA PEMERINTAH DALAM PELAKSANAAN REDUCE IMPACT LOGGING-CARBON (RIL-C) DI INDONESIA  DALAM  ANTISIPASI  PERUBAHAN  IKLIM  DI INDONESIA.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa jauh upaya Pemerintah terhadap pelaksanaan  kegiatan penebangan dengan cara Impact Logging-Carbon (RIL-C) di Indonesia sebagai antisipasi perubahan iklim di Indoesia serta untuk mengetahui hambatan apa saja dalam pelaksanaan RIL-C di Indonesia. Tujuan yang lainnya untuk mengetahui seberapa jauh  penting adanya   peraturan dari Pemerintah dalam pelaksanaan kegiatan penebangan hutan dengan konsep Reduce Impact Logging-Carbon (RIL-C).
Penelitian  ini  merupakan  penelitian  hukum  normatif,  bersifat  preskriptif yaitu dengan menggunakan sumber-sumber bahan hukum, baik bahan hukum primer   maupun   bahan   hukum   sekunder.   Teknik   pengumpulan   data   yang digunakan yaitu dengan cara studi kepustakaan baik berupa buku-buku, dokumen, serta  pengumpulan  data  melalui  Cyber  Media.  Dalam  penulisan  hukum  ini, penulis menggunakan teknik deduksi berdasarkan metode penalaran deduktif.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa, pemerintah sudah ada usaha dalam pelaksanaan Reduce Impact Logging-Carbon (RIL-C) meskipun  belum  ada peraturan  khusus  yang dibuat  berkaitan  dengan pelaksanaan Reduce Impact Logging-Carbon (RIL-C) sebagai aksi nasional untuk menekan emisi gas rumah kaca dalam mencegah perubahan iklim serta sebagai bentuk pelaksanaan dari pengelolaan hutan lestari.

Kata Kunci : Reduced Impact Logging Carbon (RIL-C), perubahan iklim, pengelolaan hutan lestari.