Abstrak


Peran dinas lingkungan hidup kota surakarta dalam pengawasan pembangunan pengembangan rsud dr. Moewardi surakarta sebagai upaya mewujudkan pembangunan berkelanjutan yang Berwawasan lingkungan (studi dokumen amdal rsud dr. Moewardi surakarta)


Oleh :
Tegar Pemudha Dirgantara - E0014397 - Fak. Hukum

ABSTRAK
TEGAR PEMUDHA DIRGANTARA. E0014397. PERAN DINAS LINGKUNGAN HIDUP KOTA SURAKARTA DALAM PENGAWASAN PEMBANGUNAN PENGEMBANGAN RSUD DR. MOEWARDI SURAKARTA SEBAGAI UPAYA MEWUJUDKAN PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN YANG BERWAWASAN LINGKUNGAN (STUDI DOKUMEN AMDAL RSUD DR. MOEWARDI SURAKARTA).


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Dinas Lingkungan Hidup Kota Surakarta dalam melaksanakan pengawasan terhadap kegiatan pembangunan pengembangan RSUD Dr. Moewardi Surakarta. Pengawasan tersebut merupakan upaya untuk mencapai keserasian, keselarasan, dan keseimbangan lingkungan hidup. Pengawasan tersebut juga bertujuan untuk  mengendalikan pemanfaatan sumber daya alam secara bijaksana.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian empiris yang bersifat deskriptif. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif,. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara studi dokumen dan wawancara.
Hasil penelitian ini adalah pengawasan dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Surakarta sudah efektif. Kegiatan pembangunan tersebut dikategorikan taat karena memenuhi semua aspek kewajiban yang terdiri dari dokumen AMDAL dan pelaporan, pengendalian pencemaran udara, pengendalian pencemaran air, dan pengelolaan limbah. Faktor-faktor penghambat dalam kegiatan pengawasan baik faktor internal maupun faktor eksternal dapat diselesaikan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Surakarta dengan mengambil langkah-langkah yang tepat.


Kata kunci: AMDAL, Pembangunan berkelanjutan, Pengawasan