Abstrak


Pengaruh Corporate Governance Dan Kepemilikan Asing Terhadap Transaksi Pihak-Pihak Berelasi (Studi Empiris Terhadap Perusahaan Non-Keuangan Yang Terdaftar Di Bei Pada Tahun 2013-2015)


Oleh :
Levina Ulfa Subastian - F0313050 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh mekanisme corporate governance dan kepemilikan asing terhadap transaksi pihak berelasi, terutama pada transaksi saldo piutang dan penjualan. Data dalam penelitian ini menggunakan data sekunder yang berasal dari laporan keuangan perusahaan. Data diperoleh mengunakan metode purposive sampling. Sampel penelitian adalah 438 perusahaan non-keuangan yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2013-2015. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda.
Hasil dari pengujian dalam penelitian ini menunjukkan bahwa kepemilikan asing memiliki pengaruh yang signifikan secara negatif terhadap transaksi pihak berelasi saldo piutang. Sebaliknya, pada transaksi pihak berelasi saldo penjualan, kepemilikan asing tidak berpengaruh terhadap transaksi tersebut. Corporate governance tidak berpengaruh terhadap transaksi pihak berelasi baik pada saldo piutang maupun penjualan.
Kata Kunci: transaksi pihak berelasi, corporate governance, kepemilikan asing