Abstrak


Evaluasi Perkerasan Jalan, Pemeliharaan Dan Peningkatan Dengan Metode Analisa Komponen Beserta Rencana Anggaran Biaya (RAB) Ruas Jalan Jaya Wijaya, Mojosongo, Kabupaten Karanganyar STA 0+000 – 2+000


Oleh :
Eka Yuliana Rahayu - I8215014 - Fak. Teknik

ABSTRAK

Eka Yuliana, 2018. Evaluasi Perkerasan Jalan dan Pemeliharaan dengan Metode Analisa Komponen beserta Rencana Anggaran Biaya (RAB) Ruas Jalan Jaya Wijaya, Mojosongo, Kabupaten Karanganyar STA 0+000 – 2+000. Tugas Akhir, Program Studi Diploma III Teknik Sipil Transportasi, Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Tingginya volume lalu lintas dan pembebanan berulang-ulang mengakibatkan penurunan kualitas di Jalan Jaya Wijaya, Mojosongo, Kabupaten Karanganyar. Indikatornya dapat diketahui dari kondisi permukaan jalan, baik kondisi struktur maupun fungsionalnya yang mengalami kerusakan. Oleh karena itu, diperlukan suatu pengamatan untuk mengetahui bagaimana kondisi permukaan jalan dan bagian jalan yang mengalami kerusakan. Kerusakan harus segera ditangani agar tidak mengganggu kenyamanan pengendara yang melintasi jalan tersebut.

Metode penelitian awal terhadap kondisi permukaan jalan tersebut yaitu dengan melakukan survei secara visual dengan cara melihat kemudian menganalisis kerusakan tersebut berdasarkan jenis dan tingkatan kerusakannya menurut sumber ASTM D6433-07. Perhitungan data hasil survei di lapangan menggunakan metode PCI (Pavement Condition Index). Setelah diperoleh nilai PCI rata-rata, maka dapat dianalisa perbaikan apa saja yang harus dilakukan untuk menangani kerusakan pada jalan tersebut berdasarkan Dirjen Bina Marga tahun 1995. Selain perbaikan, untuk menjaga keamanan dan kenyamanan pengendara yang melintasi jalan Jaya Wijaya, Mojosongo, Kabupaten Karanganyar untuk jangka panjang perlu dilakukan peningkatan kualitas jalan. Peningkatan kualitas jalan dilakukan dengan overlay. Dalam melakukan pelapisan ulang atau overlay perlu adanya perencanaan tebal perkerasan yang menggunakan SNI 03-1732-1989 mengenai Tata Cara Perencanaan Tebal Perkerasan Lentur Jalan Raya dengan Metode Analisis Komponen sebagai pedoman.

Hasil dari pengamatan diperoleh jenis kerusakan berupa Retak Kulit Buaya, Retak Memanjang dan Melintang, Tambalan, Lubang, Amblas, Bergelombang, Pelepasan Butir, dan Pengelupasan Lapisan, dengan nilai PCI rata-rata 61% yang masuk dalam kategori cukup (fair), nilai CBR (California Bearing Ratio) 90% sebesar 5,4%, nilai LER (Lintas Ekuivalen Rencana) sebesar 691,7827, dan nilai ITP sisa sebesar 7,7. Perbaikan dilakukan berdasarkan jenis kerusakan yang terjadi, antara lain : pekerjaan galian bergelombang, pengisian retak, dan pelaburan aspal setempat. Sesuai dengan perhitungan volume kepadatan lalu lintas dan daya dukung tanah sehingga perlu dilakukan perencanaan pelapisan ulang dengan tebal 5 cm. Bahan perkerasan yang digunakan adalah Laston Ms.744,
kemudian dari seluruh pekerjaan perbaikan maupun pelapisan ulang direncanakan selama 8 minggu dan biaya sebesar Rp 1.335.482.732,00.

Kata kunci : Pavement Condition Index (PCI), California Bearing Ratio (CBR), Rencana Anggaran Biaya (RAB).