Abstrak


Analisis Pengaruh Faktor Ekonomi Dan Institusional Terhadap Investasi Asing Langsung (Panel Data 10 Negara Asia-Pasifik Periode 2008-2016)


Oleh :
Tunjung Sekar Laksmi Pandhit - F0114083 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

ABSTRAK

ANALISIS PENGARUH FAKTOR EKONOMI
DAN INSTITUSIONAL TERHADAP INVESTASI ASING LANGSUNG

Tunjung Sekar Laksmi Pandhit
F0114083

Investasi asing langsung menjadi sumber modal bagi beberapa negara baik yang sedang berkembang maupun negara maju. Masuknya investasi asing langsung ke berbagai negara disesuaikan dengan kondisi ekonomi maupun kondisi dari segi konstitusi negara tujuan (host country). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor ekonomi dan faktor institusional yang dapat mempengaruhi  masuknya investasi asing langsung pada 10 negara Asia-Pasifik selama tahun 2008-2016.
Data yang digunakan dalam penelitian adalah data sekunder yang diperoleh dari beberapa lembaga seperti World Bank, UNCTAD, Heritage Foundation, Transparency International, dan World Governance Indicators. Model yang digunakan adalah estimasi GLS Fixed Effects.
Hasil dari analisis menyebutkan bahwa investasi asing langsung dipengaruhi oleh faktor ekonomi yaitu market size, sedangkan faktor institusional yang mempengaruhi investasi asing langsung yaitu kebebasan ekonomi, korupsi, dan stabilitas politik.Oleh karena itu, faktor institusional perlu diperhatikan oleh pemerintah karena hal tersebut berpengaruh langsung pada inflow investasi asing langsung di sebuah negara.
Masuknya aliran investasi asing langsung memerlukan iklim investasi yang baik dan menguntungkan bagi host country maupun home country. Iklim investasi dapat dikondisikan dengan pengaturan dari segi perekonomian maupun sosial dan politik. Apabila kondisi ekonomi maupun politik suatu negara stabil, maka investor asing lebih percaya menanmkan modalnya di suatu negara

Kata Kunci : Investasi asing langsung, market size, kebebasan ekonomi, korupsi, stabilitas politik, GLS Fixed Effects.