Abstrak


Analisis Anteseden Kepuasan Terhadap Penggunaan Kembali Jasa Go-Jek Pada Konsumen Surakarta


Oleh :
Septian Tri Wibowo - F1215052 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

ABSTRAK

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh persepsi kemudahan terhadap persepsi kemanfaatan, persepsi kemanfaatan terhadap persepsi kesenangan, dan pengaruh variabel tersebut sebagai anteseden kepuasan terhadap penggunaan kembali jasa Go-Jek. Penelitian ini menggunakan data kuantitatif. Sampel yang digunakan sebanyak 133 konsumen Go-Jek dengan teknik purposive sampling.
Uji validitas dan reliabilitas dilakukan menggunakan SPSS untuk memastikan kualitas data. Penelitian ini menggunakan Structural Equation Model (SEM) sebagai metode statistik yang dipilih untuk menjelaskan pengaruh antar variabel. Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1) persepsi kemudahan tidak berpengaruh pada persepsi kemanfaatan, 2) persepsi kemudahan tidak berpengaruh pada kepuasan, 3) persepsi kemanfaatan berpengaruh positif dan signifikan terhadap persepsi kesenangan, 4) persepsi kemanfaatan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan, 5) persepsi kesenangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan, 6) kepuasan berpengaruh siginifkan dan positif terhadap penggunaan kembali.
Keterbatasan dalam penelitian ini adalah jawaban kuesioner merupakan pandangan subjektif responden yang dipengaruhi kondisi psikologis saat menjawab.
Kata Kunci: persepsi kemudahan, persepsi kemanfaatan, persepsi kesenangan, kepuasan, penggunaan kembali, Go-Jek