Abstrak


Penerapan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja Rumah Sakit sebagai Implementasi Perlindungan Pekerja di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Surakarta


Oleh :
Hanik Kumala Lestari - E0014184 - Fak. Hukum

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja rumah sakit di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Surakarta serta untuk mengetahui upaya Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Surakarta dalam pelaksanaan sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja rumah sakit untuk memberikan perlindungan terhadap pekerja.
Penelitian ini merupakan penelitian hukum empiris yang bersifat deskriptif untuk menggambarkan kesesuaian penerapan sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Surakarta dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Data primer dalam penelitian ini berasal dari penelitian secara langsung di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Surakarta serta dengan klarifikasi kepada pihak-pihak terkait yang meliputi Ketua dan Sekretaris Panitia Pembina Keselamatan dan Kesehatan Kerja Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Surakarta beserta pekerja non-medisnya. Data sekunder yang digunakan berasal dari bahan hukum primer berupa peraturan perundang-undangan dan bahan hukum sekunder berupa buku, jurnal dan penelitian lain yang relevan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, pengamatan atau observasi serta studi pustaka. Pendekatan yang dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif fengan analisis yang bersifat kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahsan dihasilkan simpulan yakni penerapan sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja rumah sakit di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Surakarta belum sepenuhnya sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku dikarenakan ada beberapa hal yang belum sesuai dengan syarat yang tercantum dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku. Upaya yang dilakukan dalam pelaksanaan sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja rumah sakit untuk memberikan perlindungan terhadap pekerja telah dilakukan dengan lima program kegiatan pokok, yakni keselamatan dan keamanan; pengelolaan bahan berbahaya dan beracun (B3); manajemen emergensi atau hospital disaster plan; pemeliharaan peralatan medis; serta pemeliharaan sistem utilitas.

Kata Kunci: Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Perlindungan Pekerja, Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Surakarta